Selasa, 22 Februari 2011

Mengubah batas kertas (margin)

Batas kertas pada Ms Word biasa disebut juga dengan margin (biasa murid saya dulu menyebutnya sirup marjan). Margin ada 4 macam, yaitu: batas kiri, kanan, atas & bawah. 

Defaultnya ukuran Ms Word menggunakan satuan inchi (atau biasa ditulis ” ), sementara kita lebih familiar dengan pengunaan satuan cm, untuk itu sebaiknya anda mengubah satuan tersebut menjadi cm, silahkan klik "disini"untuk melihat cara mengubah satuan inchi menjadi cm.

Setelah satuannya diubah maka untuk mengatur margin ada beberapa alternative yang dapat anda gunakan, antara lain:

A. Menggunakan pengaturan pada ribbon

1. Klik menu page layout - klik ikon margin - klik custom margins



Gambar 1 : mengakses pengaturan margin

2. Lakukan pengaturan batas pada kotak dialog yang muncul (pengaturan utama batas kertas ada 4 yaitu left, right, top & bottom) - klik ok bila pengaturan telah selesai.



Gambar 2 : kotak dialog untuk melakukan pengaturan margin
B. Menggunakan ruler

Double klik pada ruler - lakukan pengaturan batas yang dikehendaki (pada kotak dialog yang muncul seperti gambar 2 diatas)- klik ok bila telah selesai.

C. Menggunakan cara manual pada ruler (not recomended)

Saya tidak merekomendasikan cara ini karena apabila tidak teliti hasil yang didapatkan tidak akurat, misalnya anda akan membuat batas atas & bawah yang sama/kanan & kiri batasnya sama). Disini saya mencontohkan akan mengatur batas atas. Dekatkan kursor mouse pada ruler vertical bagian top margin - setelah kursor berubah bentuk, tahan klikan mouse & geser keatas untuk mengurangi batasnya/geser ke bawah untuk menambah batasnya - lepas klikan mouse bila telah selesai. Anda dapat mencoba untuk mengatur batas bawah, kanan/kiri.
 
 
Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Web Hosting | Top Hosting